membaCa

BACA
Saat mengajar anak-anak membaca baru betul-betul saya pahami bahwa kemampuan berbahasa satu ini, amat kompleks.

Anak-anak yang masih belum hafal huruf A sampai Z akan sulit menyebut satu kata singkat yang dilihat, misal 'MEJA'.

Pun jika ternyata mereka belum hafal huruf kecil a sampai z. Mereka akan kesulitan menyebut satu kata singkat yang dilihat, misal 'bude' atau 'BudE' atau 'bUDe'.

Ternyata bagi anak-anak membedakan huruf besar dan kecil pun bukan perkara sepele.

Apalagi soal suku kata. Misal kata, 'las' atau 'um' atau 'nga' atau 'hiu'.

Atau yang lebih sederhana menyebut kata, 'pohon'. Ada yang menyebut 'poh-on' ada lagi yang menyebut 'po-hon'.

Beberapa kata di atas faktanya masih rumit untuk disebut anak-anak. Kecuali, jika terus dilatih secara rutin..😊

Maka, karena kemampuan ini sangat kompleks (rumit) bagi anak-anak. Bagi siapapun yang menginginkan mereka mampu membaca, saran saya, pelan-pelan saja. Sambil terus amati perkembangannya.

Yang paling penting adalah KONSISTENSI dan Pengulangan kembali.

Dan metode apapun yang dirasa lebih mudah dipahami anak adalah metode yang terbaik. Jadi metode untuk setiap anak boleh saja berbeda (untuk di rumah).😊





#berbagipengalaman
9 Juli 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Petualangan

Prasangka

Adik dan Kakak