Proses Perancangan KBM 1

Jika silabus & kompetensi inti turunan dari pihak sekolah masih belum jelas. Maka salah satu solusinya adalah menelaah bahan ajar. Buku salah satunya. Ini supaya KBM & kompetensi siswa tidak tertinggal jauh.

Catatan penting, buku hanya salah satu bahan ajar. Artinya pembelajaran tak harus hanya berfokus pada buku. Bisa pula dengan memanfaatkan media belajar lainnya, berupa karya siswa, internet, permainan, dsb.


#MENELAAH BAHAN AJAR
Biasanya setiap buku dilengkapi Kompetensi Dasar (daftar kemampuan yang hendak dicapai para siswa) atau sekurang-kurangnya memiliki daftar isi.

A. Maka perhatikan & pahami betul2 KD/daftar isi tersebut.

B. Buat mind mapping, petakan dalam selembar kertas.

1) Apa saja capaiaan kemampuan yang perlu siswa miliki dalam setiap bab

2) Perhatikan lagi, apakah ada pilihan/alternatif opsi di buku tsb tentang teknik penyampaiaan materi (terkadang ada materi yang menggunakan simulasi)

3) Petakan setiap capaiaan dalam hitungan bulanan, pekanan, atau harian.
(Materi apa yang harus diberikan beserta teknik penyampaiannya per hari)

4) Sekurang-kurangnya bacalah 3-4x buku tsb.

Pertama, baca sekilas & temukan kata kuncinya

Kedua, baca lebih detail & catat list materi

Ketiga, cek ulang list & baca lagi buku pedoman, bayangkan teknik ajar paling efektif & efisien untuk setiap materi.

Keempat, fiksasi teknik ajar.

*teknik menelaah ini berdasarkan pengalaman menggunakan buku ajar Kurikulum 2013 ( Kurtilas ) yang telah direvisi. (Yang setiap mapel tercampur tanpa batasan jelas -tak ada penjelasan materi tertentu termasuk mapel apa-)





#EdisieEvaluasiKBM
#yuklahsemangat









10 Oktober 2016
Di rumah saja

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cerita Petualangan

Prasangka

Adik dan Kakak